Pj Gubernur Sumut Imbau Masyarakat Waspadai Kerawanan Cuaca Saat Berwisata

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mengimbau masyarakat yang akan berwisata atau berpergian liburan Natal 2023 dan Tahun Baru (Natatu) 2024, agar mewaspadai atau meninjau kondisi cuaca.

topmetro.news – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mengimbau masyarakat agar mewaspadai atau meninjau kondisi cuaca.

Imbauan ini terutama kepada warga yang akan berwisata atau berpergian liburan Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024,

Pj Gubernur Sumatera Utara Hassanudin mengatakan hal itu, terkait dengan kewaspadaan perubahan cuaca yang mengakibatkan sejumlah daerah di Sumut mengalami bencana alam.

“Saya mendapat laporan, di sejumlah mengalami bencana alam. Seperti tanah longsor di Mandailing Natal, Tapanuli Utara dan yang lainnya. Masyarakat harus waspada,” kata Hassanudin kepada media, Kamis (28/12/2023).

Ia mengaku, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pemangku kebijakan terkait untuk mengantisipasi bencana alam di daerah itu.

“Saya meminta seluruh pemerintah kabupaten/kota untuk memperkuat langkah-langkah mitigasi bencana dalam guna menghadapi puncak musim hujan yang diperkirakan terjadi,” ungkapnya.

Selain itu, Hassanudin juga telah meminta BPBD Sumut untuk meningkatkan kesiapsiagaan. Juga agar melakukan mitigasi bencana menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

“Kesiapsigaan BPBD Sumut harus ditingkatkan, karena sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi atau meminimalkan hal yang tidak diinginkan jika terjadi terjadi bencana,” sebutnya.

Sementara itu, BPBD Sumut mengeluarkan delapan imbauan bagi masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagan dalam menghadapi bencana alam.

“Kami telah menyiapkan delapan poin untuk menghadapi potensi kejadian bencana hidrometeorologi di wilayah ini,” ujar Kepala Bidang Penanganan Darurat Peralatan dan Logistik BPBD Sumut Sri Wahyuni Pancasilawati.

Ia menjelaskan, delapan imbauan tersebut guna memberi pemahaman kepada masyarakat agar mengantisipasi bilamana bencana alam terjadi di wilayah ini.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment